Nama :
Eka Puspitasari
NPM :
12210285
Kelas :
3EA13
TUGAS : METODE RISET
Tema / Topik
Perilaku Konsumen
Judul, Pengarang, Tahun :
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM
PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN MEREK INDOMIE yang dibuat oleh
Novel Haliana pada tahun 2007
Latar Belakang & Masalah
Mie instan sebagaimana diketahui merupakan makanan cepat
saji favotir masyarakat Indonesia. Itu disebabkan antara lain karena murah,
penyajiannya mudah, dan mengenyangkan. Dengan semakin banyaknya produk mie
instan yang ada di pasaran berarti memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk
memilih merek yang sesuai dengan keinginannya. Untuk saat ini sudah banyak
varian rasa yang telah tersedia di pasar untuk memenuhi kebutuhan para pecinta
mie instan tersebut. Masing-masing produsen mempunyai produk unggulan yang
digemari oleh setiap konsumen mereka. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi
perilaku konsumen diantaranya adalah faktor budaya, sosial, pribadi dan
psikologis.
Tujuan Penelitian
- Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan untuk membeli Produk Mie Instan Merek Indomie.
- Untuk mengetahui diantara faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli Produk Mie Instan Merek Indomie.
Metodologi Penelitian
- Variabel
Variabel bebas (X) terdiri dari
faktor kebudayaan (pengalaman anggota keluarga, mengikuti teman dan gaya
hidup), sosial(lingkungan, wilayah geografis dan kelas sosial), pribadi
(kebiasaan, uang saku dan situasi
ekonomi) dan psikologis (dengan motivasi, persepsi dan pengetahuan).
- Data
- Tahap Penelitian
- Uji Validitas dan Reliabelitas,
- Uji Normalitas,
- Korelasi dan
- Uji Chi Square.
- Metode Penelitian
Model analisis yang digunakan adalah
model matematis yaitu model regresi linier berganda yaitu: Y = B0 + B1X1 + B2X2
+ B3X3 + B4X4 + e
Keterangan :
Y = keputusan membeli;
B0 =
intersep; B1 s.d
B6 = koefisien regresi yang akan dihitung;
X1 = faktor budaya;
X2 = sosial;
X3 = pribadi;
X4 = psikologis; dan
e = term of error.
Hasil
dan Kesimpulan
Dari
seluruh variabel bebas (budaya, sosial, pribadi dan psikologis) secara
keseluruhan dapat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian
yang akan diambil oleh konsumen dalam pembelian Mie Instan Merek Indomie.
Variabel
budaya menjadi faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan membeli
produk Indomie
Saran
dan usulan lanjutan
Disarankan
agar pada penelitian berikutnya bisa ditambahkan beberapa indikator pada setiap
variabel yang ada dengan penggunaan software yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar