Nama :
Eka Puspitasari
NPM :
12210285
Kelas :
3EA13
TUGAS : METODE RISET
Perilaku
Konsumen
Judul,
Pengarang, Tahun
ANALISIS
FAKTOR EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMBELI MOBIL TOYOTA AVANZA dan
DAIHATSU XENIA DI MEDAN yang dibuat oleh Erna Kartika pada tahun
2008
Latar
Belakang & Masalah
Penjualan
mobil secara nasional hampir menyentuh angka yang fantastis. Hingga mei 2008,
angka penjualan mobil mencapai 237.492 unit (www.cetak-pajar.com). Toyota Avanza sejak
pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 terus menunjukkan dominasi. Toyota
avanza terus menempati posisi teratas dalam hal mobil terlaris. Sedangkan
penjualan Daihatsu Xenia tidak mampu menandingi jumlah penjualan Avanza
walaupun sama-sama menempati posisi teratas dalam hal mobil terlaris. Padahal
kedua mobil tersebut merupakan produk kolaborasi dan sama-sama diproduksi di
bawah naungan Toyota Motor Corporation.
Tujuan
Penelitian
- Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk dan harga terhadap minat konsumen untuk membeli Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di Medan.
Metodologi
Penelitian
- Variabel
Variabel terikat (Y) adalah adalah
minat konsumen untuk membeli Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia
Variabel bebas (X) terdiri dari
strategi bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk dan harga
Data primer adalah data yang
diperoleh dengan mengadakan wawancara langsung dengan customer Auto 2000 dan
pemilik Avanza dan Xenia melalui survei lapangan
- Data
Data primer adalah data yang
diperoleh dengan mengadakan wawancara langsung dengan customer Auto 2000 dan
pemilik Avanza dan Xenia melalui survei lapangan
Data sekunder adalah data yang
diperoleh dari Pusat Data Samsat Medan, perpustakaan, dan media massa internet
- Tahap Penelitian
- Asumsi Klasik,
- uji Validitas dan Reliabilitas,
- uji Normalitas, Korelasi dan
- uji Chi Square.
- Metode Penelitian
Model analisis yang digunakan adalah
model matematis yaitu model regresi linier berganda yaitu:
Y = B0 + B1X1 + B2X2
+ e
Keterangan :
Y = minat membeli;
B0 = intersep;
B1
s.d B2 = koefisien regresi yang akan dihitung;
X1 = harga;
X2 = produk; dan
e =
term of error.
Hasil
dan Kesimpulan
Variabel
produk dan harga mempunyai pengaruh terhadap minat beli seseorang atas mobil
Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Strategi produk merupakan faktor paling
dominan dalam mempengaruhi minat beli atas mobil Toyota Avanza, sedangkan minat
beli atas mobil Daihatsu Xenia paling dominan dipengaruhi oleh harga.
Saran
dan usulan lanjutan
Disarankan
agar pada penelitian berikutnya variabelnya diperbanyak agar dapat mengetahui
faktor mana yang paling dominan dan efektif dalam mempengaruhi minat beli
seseorang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar