Nama :
Eka Puspitasari
NPM :
12210285
Kelas :
3EA13
TUGAS : METODE RISET
Tema / Topik
Perilaku Konsumen
Judul, Pengarang, Tahun
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN
DALAM PEMBELIAN AIR MINUM MINERAL DI KOTAMADYA SURABAYA yang dibuat
oleh Ritawati Tedjakusuma, Sri Hartini, Muryani pada tahun 2001
Latar Belakang & Masalah
Perkembangan industri di kota Surabaya yang pesat tidak
hanya membawa dampak positif tapi juga membawa dampak negatif. Yaitu masalah
polusi. Baik itu masalah polusi udara, tanah, dan air. Mengenai masalah air,
pemerintah melalui PDAM berusaha menyediakan dan memenuhi kebutuhan air minum
yang sehat dan bebas polusi. Namun, masyarakat masih meragukan kesehatan dari
air yang disediakan PDAM. Melihat kondisi ini, banyak perusahaan yang berusaha
memanfaatkan peluang untuk memproduksi air minum yang benar-benar bersih, bebas
polusi dan menyehatkan dalam bentuk gelas, botol dan galon, dengan menggunakan
merk seperti Aqua, Club, Total, Ades, Aquase, Prima dan Cheer. Dari kondisi
tersebut di atas, dan semakin tingginya tingkat pendidikan dan kesadaran
masyarakat terhadap kesehatan, maka membawa pengaruh terhadap perilaku konsumen
dalam mengkonsumsi air mineral. Di samping itu konsumen memiliki kebebasan
dalam memilih produk.
Tujuan Penelitian
- Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih produk air mineral kemasan.
- Untuk mengetahui faktor paling dominan dalam keputusan memilih produk air mineral.
Metodologi Penelitian
- Variabel
Variabel tergantung (Y) adalah
perilaku konsumen dalam pembelian air minum mineral.
Variabel bebas (X) adalah
variabel-variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen meliputi:
(1) Faktor
pendidikan,
(2) penghasilan,
(3) harga,
(4) kualitas,
(5) distribusi, dan
(6)
Promosi.
- Data
Data sekunder adalah data yang diperoleh dari Kantor Statistik Jatim.
- Tahap Penelitian
(1) uji Validitas dan Reliabelitas,
(2) uji Normalitas,
(3) Korelasi dan
(4) uji Chi Square.
- ModelPenelitian
Y = B0 + B1X1 + B2X2 + B3X3 + B4X4 + B5X5 + B6X6 + e
Keterangan :
Y = perilaku konsumen;
B0 =
intersep;
B1 s.d B6 = koefisien regresi yang akan dihitung;
X1 = pendidikan;
X2
= penghasilan;
X3 = harga;
X4 = kualitas;
X5 = distribusi;
X6 = promosi dan
e =
variabel pengganggu.
Hasil dan Kesimpulan
Dari pengolahan dan analisis data, analisis dan pembahasan
hasil penelitian, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:
Bahwa perilaku konsumen dalam pembelian air minum mineral
dipengaruhi secara bersama-sama dan bermakna oleh faktor pendidikan, penghasilan,
harga, kualitas, distribusi dan promosi
Harga mempunyai pengaruh dominan terhadap perilaku konsumen
air minum mineral
Saran dan usulan lanjutan
Sehubungan penelitian ini hanya memperhatikan enam faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian air minum mineral, maka
sangat perlu dilaksanakan penelitian lebih lanjut untuk melibatkan lebih banyak
faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian air minum mineral,
sehingga dapat diketahui efektivitas faktor-faktor tersebut terhadap perilaku
konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar