Senin, 22 Oktober 2012

LATAR BELAKANG

Nama              : Eka Puspitasari
NPM               : 12210285
Kelas               : 3EA13
TUGAS           : METODE RISET


Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prilaku Konsumen dalam Pembelian Motor Matic

Menjadi suatu pilihan ketika akan membeli kendaraan bermotor dan pilihannya akan jatuh kepada motor matic. Salah satu sepeda motor yang sedang digemari masyarakat adalh motor matic dengan sistem injeksi yang sudah terkenal bisa membuat irit bahan bakar dan tentu saja dapat dibeli dengan harga murah.
Perkembangan industri otomotif dewasa ini sangat pesat. Hal ini bisa dilihat dari bnyaknnya merek kendaraan bermotor yang muncul di pasaran mulai dari merek Jepang samapi ke Motor Cina. Meskipun tujuan utama pembuatan motor matic adalah untuk perempuan, kini laki-laki pun banyak yang menggunakan jenis motor matic ini karena dianggap mudah menggunaknnya.

Dari kondisi tersebut di atas, dan semakin tingginya mobilitas dan kebutuhan masyarakat, maka membawa pengaruh terhadap perilaku konsumen dalam pembelian motor matic. Di samping itu konsumen memiliki kebebasan dalam memilih produk. Untuk itu produsen memerlukan strategi dengan tujuan mencapai keunggulan bersaing dan memerlukan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk.

Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dirumuskan masalah sebagai berikut :
  1. Mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor penampilan, spesifikasi, harga, dorongan sosial, dan promosi  terhadap keputusan untuk membeli produk motor matic.
  2. Mengetahui diantara faktor penampilan, spesifikasi, harga, dorongan sosial, dan promosi  yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli motor matic.

Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian adalah :
  1. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor penampilan, spesifikasi, harga, dorongan sosial, dan promosi  terhadap keputusan untuk membeli motor matic.
  2. Mengetahui diantara faktor penampilan, spesifikasi, harga, dorongan sosial, dan promosi  yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk notebook.

Manfaat Penelitian
  1. Sebagai bahan masukan bagi produsen motor matic dalam menetukan kebijakan dan strategi pasar.
  2. Dapat memperluas pengetahuan peneliti dalam bidang pemasaran  khususnya perilaku konsumen dalam keputusan membeli.
  3. Sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian pemasaran di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar